Halaman

Santo Peregrinus (Pelindung Penderita Kanker)

Santo Peregrinus Laziosi (1265-1345) adalah seorang Imam Ordo Servite. Dia adalah pelindung bagi orang yang menderita kanker dan berbagai penyakit yang sulit disembuhkan. Dia mengabdikan dirinya terutama untuk melayani orang sakit dan kaum miskin. 

Riwayat Santo Peregrinus 

Santo Peregrinus lahir di Forli, Italy pada tahun 1265. Ia terlahir dari keluarga yang kaya, putra tunggal keluarga bangsawan. 
Pada saat itu masyarakat kota Forli sedang terpecah menjadi dua kelompok; sebagian setia pada Paus dan sebagian lagi anti Paus yang ingin mengancurkan gereja Katolik. Peregrinus dan keluarganya termasuk dalam pendukung setia dari kelompok anti Paus. 
Ketika remaja, Peregrinus bergabung bersama kelompok yang membenci Paus dan ikut menjadi musuh Paus di kotanya hingga ia menjadi pemimpin dari perusuh tersebut. 

Pada tahun 1283 Paus Martinus IV mengirim utusan yaitu Philip Benizi (Santo Philip) pemimpin biara Servite untuk mendamaikan kelompok perusuh dan mewartakan kabar sukacita di kota Forli. Philip mewartakan kabar sukacita dengan penuh semangat. Pada awalnya umat yang ada di sana mendengarkan dengan baik, namun datanglah Peregrinus yang saat itu baru berusia delapanbelas tahun dan kelompoknya. Mereka menarik Philip memukulnya dan mentertawakan. Philip yang ditampar malah memberikan pipinya yang lain dan memaafkan mereka. Melihat ekspresi Philip, tergeraklah nurani Peregrinus. 

Peregrinus kembali bertemu Philip dan meminta maaf. Peregrinus kemudian bertobat dan dia lebih banyak waktu dalam berdoa dan matiraga. Rahmat Tuhan semakin kuat mempengaruhi hidupnya; sehingga pada suatu hari, Bunda Maria menampakkan dirinya dan mengarahkan Peregrinus untuk pergi ke Siena dan masuk biara. Di sana Peregrinus bergabung dengan ordo Pelayan Maria atau Servite. Philip yang dulu pernah dianiayanya menerimanya dan di sana Peregrinus melakukan silih atas perbuatan dan dosa-dosanya. 

Salah satu penitensi khususnya adalah ia memutuskan untuk berdiri setiap saat selama itu tidak diperlukan untuk duduk. Peregrinus dikatakan tidak duduk selama tiga puluh tahun yang menyebabkan ia menderita varises dan kemudian kanker pada kakinya. Dokter kemudian akan mengaputasi kaki Peregrinus, tapi pada malam sebelum operasi yang dijadwalkan berlangsung, Peregrine menyeret dirinya ke kaki salib dan menghabiskan banyak waktu dalam doa. Ketika ia jatuh tertidur ia menerima penglihatan tentang Kristus menyentuh kakinya. Di pagi hari kakinya benar-benar sembuh. Sebab itu dia dianggap sebagai santo pelindung mereka yang menderita kanker dan berbagai penyakit yang sulit disembuhkan.

Santo Pregrinus berkarya selama 62 tahun dan tutup usia pada tahun 1345 dalam umur 85 tahun.
Gereja Katolik mengkanonisasi Santo Peregrinus pada tahun 1726. Sekarang kita merayakan pestanya Santo Peregrinus setiap tanggal 1 Mei.

Doa melalui Santo Peregrinus

Santo Peregrinus yang mulia engkau disebut sebagai “Yang mempunyai Kuasa”, ”Pembuat Mukjizat”. Banyak mukjizat  yang telah engkau peroleh dari Allah bagi mereka yang meminta pertolongan dan perantaraanmu.

Engkau sendiri telah bertahun-tahun menyandang penyakit kanker dalam dirimu, penyakit yang menggerogoti badan. Kepada Allah, Sumber Segala Kuasa, dan melalui engkau kami memohon perlindungan ketika segala kuasa manusia tidak lagi bermanfaat.

Engkau yang diberi penglihatan tentang Yesus yang turun dari Kayu Salib untuk menyembuhkan penyakitmu, mintalah dari Allah dan Bunda Maria, kesembuhan bagi mereka yang kusebut dan kupercayakan kepada dirimu: ... (hening sejenak dan sebutkan nama-nama orang yang didoakan).
Melalui perantaraan  dan pertolonganmu, kami akan melambungkan nyanyian pujian bagi Allah, sekarang dan untuk selama-lamanya. Amin.

Novena kepada Santo Peregrinus

Santo Peregrinus, pembuat keajaiban yang mulia, engkau menjawab panggilan Ilahi dengan satu semangat menolak semua bentuk kesenangan hidup dan semua kehormatan duniawi yang hampa, guna mengabdikan dirimu kepada Allah.

Engkau bekerja dengan semangat dan tanpa kenal lelah bagi keselamatan jiwa-jiwa. Dalam kesatuan dengan Yesus yang tersalib, engkau dengan sabar menanggung penderitaan yang sangat menyakitkan.
Dalam kesabaranmu yang luar biasa itu engkau disembuhkan secara ajaib dari kanker pada kakimu dengan sentuhan Tangan Ilahi Yesus sendiri.

Aku berdoa kepadamu, perolehlah bagiku rahmat untuk menanggapi setiap panggilan Allah. Bangkitkan dalam hatiku semangat haus akan keselamatan jiwa-jiwa.
Bebaskanlah aku dari kelemahan-kelemahan yang begitu sering menyakitkan tubuhku yang lemah. Dan perolehlah bagiku rahmat kesediaan menerima penderitaan-penderitaan yang dikehendaki Allah bagiku.

Semoga aku, dengan meneladani keutamaan-keutamaanmu dan mencintai Tuhan yang tersalib dan Bunda-Nya yang berdukacita mendapat kemuliaan kekal di surga. Amin.

Doa Penutup Santo Peregrinus

Ya Allah, kasihanilah dan dengarkanlah doa-doa yang aku panjatkan kepada-Mu dalam penghormatan kepada Santo Peregrinus, hamba-Mu yang terkasih.

Semoga aku, yang tidak tergantung pada jasa-jasaku sendiri, mendapat bantuan dalam kebutuhan-kebutuhanku melalui perantaraan Santo Peregrinus yang hidupnya berkenan pada-Mu. Dengan perantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.

Dari berbagai sumber

0 Comments:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar secara bijaksana dan bertanggung jawab. Terima kasih.

OTHER POSTS

TRANSLATE

TOTAL PAGEVIEWS

  • "THANKS FOR YOUR VISIT!"



    logger

LATEST PRAYER POSTS

 
Copyright © GLORIA DEI World
Design by FlexiThemes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com | Modified by Franky