Halaman

Sepasang Kekasih yang Menjadi Imam dan Biarawati

Pastor Javier Olivera dan Suster Marie de la Sagesse 

Sebelum menemukan panggilan mereka, Pastor Javier Olivera dan Suster Marie de la Sagesse sudah bertunangan dan sedang merencanakan pernikahan mereka. Akan tetapi, Tuhan punya rencana lain. 

Pastor Olivera berkata kepada ACI Prensa, agensi CNA bahasa Spanyol, bahwa mereka berdua dibesarkan dalam keluarga Katolik dan bahwa "orang tua kami saling mengenal ketika mereka masih muda". Mereka sering bertemu ketika mereka masih kecil. 

“Saya pernah benar-benar telah meninggalkan praktik agama. Ketika saya berusia 19 tahun, saya kembali dari perjalanan pulang-pergi ke Peru dan saya bertemu dengannya. Saya bertanya padanya apakah dia percaya pada keperawanan sampai pernikahan, karena bagi saya ini semacam penemuan Gereja. Dia meletakkan prinsip-prinsip dengan sangat baik tentang kemurnian, dari iman dan akal, sehingga memengaruhi saya. Saya bertemu dengan seorang wanita yang tahu bagaimana mempertahankan apa yang dia yakini dan yang sangat cerdas pada saat yang sama,” komentar Olivera.

Segera setelah percakapan itu, mereka mulai berkencan. Saat itu keduanya sedang kuliah hukum. Olivera di Universitas Nasional di Buenos Aires dan Marie di Universitas Nasional di La Plata.

Fr. Olivera berkata bahwa “itu seperti pacaran pada umumnya, tetapi kami mencoba untuk mengambil keuntungan dari kehidupan budaya melalui musik, sastra, dan filosofi. Kami membaca buku bersama, kami keluar untuk minum kopi. Kami memiliki sekelompok teman yang bersama mereka kami menghadiri konferensi para penulis Katolik Argentina”.

“Saya mulai mempraktikkan iman, berdoa, pergi ke Misa pada hari Minggu. Semua sebagian besar berkat Marie, terutama kepada Tuhan, tetapi kepadanya sebagai instrumen,” kata imam itu. Ia menambahkan bahwa mereka juga berdoa rosario bersama.

Sementara itu, Suster Marie de la Sagesse, yang nama baptisnya Trinidad Maria Guiomar, mengatakan kepada ACI Prensa bahwa yang paling dia hargai tentang pacarnya saat itu adalah "pencariannya yang tulus akan kebenaran tanpa takut konsekuensinya".

Pasangan itu bertunangan ketika mereka berusia 21 tahun dan memutuskan untuk menikah setelah kuliah, dua setengah tahun lagi.


Penemuan panggilan

Suatu hari kakak laki-laki Trinidad Maria menyampaikan kabar bahwa dia akan memasuki seminari, dan dia (Marie) ingat, "kami terguncang karenanya, karena kami tidak mengharapkannya".

“Saya punya mobil dan dengan tunangan saya, kami memutuskan untuk membawanya ke seminari, yang berada di San Rafael, Provinsi Mendoza,” katanya. Mereka berdua memutuskan untuk tinggal di daerah itu beberapa hari agar Javier dapat mengunjungi beberapa teman yang berada di seminari, dan Trinidad Maria dapat mengunjungi beberapa teman di biara.

“Ketika kami kembali, kami berbicara tentang betapa gilanya itu, bahwa kakaknya telah meninggalkan segalanya, kemungkinan memiliki keluarga, karier yang penting. Kami mulai bertanya pada diri sendiri, 'Apa yang akan terjadi jika Tuhan memanggil kami ke kehidupan religius?' Hal pertama yang kami katakan adalah 'tidak' dan itu gila karena kami memiliki pertunangan yang sangat indah dan kami sudah membeli barang-barang untuk menikah,” Pastor Olivera menceritakan.

Minggu-minggu berlalu, “Ada pemikiran terus-menerus dalam jiwa saya tentang apa yang akan terjadi jika Tuhan memanggil saya, jika saya harus meninggalkan segalanya, mengapa tidak menjadi seorang imam? Bagaimana cara mengetahui apakah cara terbaik untuk masuk surga bagi saya adalah kehidupan imamat atau kehidupan pernikahan? Di mana saya bisa melakukan yang terbaik?”

Setelah begitu banyak keraguan, dia memutuskan untuk memberi tahu tunangannya tentang masalah panggilannya, yang mana juga (Marie) mengaku kepada Olivera bahwa dia "memikirkan hal yang sama" setelah kakaknya masuk seminari.

Namun, tidak satu pun dari mereka membuat keputusan. “Karena kita masih punya waktu dua tahun sebelum menyelesaikan sekolah hukum, itu alasan yang bagus untuk belum masuk seminari atau biara,” kata Pastor Olivera.

Mereka memiliki “seorang biarawan yang sangat bijaksana” sebagai penasihat spiritual, yang mengatakan kepada mereka: “Lihat, itu adalah masalah antara kamu masing-masing dan Tuhan. Tidak seorangpun yang bisa ikut campur dengan jiwa."

Sementara itu, Suster Marie de la Sagesse mengatakan kepada ACI Prensa bahwa “itu adalah periode pemahaman yang panjang, setidaknya dua tahun, sampai Tuhan dengan jelas menunjukkan kepada saya hidup yang dikonsekrasikan, dan saya tidak meragukan bahwa dia meminta saya penyerahan total ini”.

Setelah menyelesaikan studinya, keduanya menerima panggilan mereka. Pada tahun 2008, ketika mereka berusia 31 tahun, Olivera ditahbiskan menjadi imam di Keuskupan San Rafael, dan Marie mengucapkan kaul terakhirnya di kongregasi Sisters of the Merciful Jesus (Suster-suster Yesus yang Maharahim).

Pastor Olivera saat ini adalah seorang profesor universitas dan memiliki blog bernama "Que no te la cuenten" (Cari tahu sendiri). Dia telah menulis sebuah buku tentang keraguan panggilan berjudul “¿Alguna vez pensaste? El llamado de Cristo ” (Pernahkah anda memikirkannya? Panggilan Kristus).

Suster Marie de la Sagesse tinggal di Prancis selatan dan memiliki kerasulan di Paroki Saint Laurent di Keuskupan Fréjus-Toulon.

Mengenai kisah mereka, dia berkata bahwa “Saya menganggapnya sebagai anugerah khusus bahwa kami berdua dipanggil hampir pada waktu yang sama. Begitu baik dan bijaksana penyelenggaraan Ilahi, yang tidak melewatkan setiap detailnya. Dan yang sangat saya hargai adalah kami masih berteman dan bukan hanya kami, tetapi juga keluarga kami”. 

Sumber: Catholic News Agency (CNA). Berita pada 12 April 2018.

0 Comments:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar secara bijaksana dan bertanggung jawab. Terima kasih.

OTHER POSTS

TRANSLATE

TOTAL PAGEVIEWS

  • "THANKS FOR YOUR VISIT!"



    logger

LATEST PRAYER POSTS

 
Copyright © GLORIA DEI World
Design by FlexiThemes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com | Modified by Franky