Halaman

Kebohongan Chintya Candranaya Terbongkar

"Sepandai-pandainya Tupai Melompat Pasti Jatuh Juga." Ini adalah peribahasa yang tepat untuk menggambarkan keadaan Chintya Candranaya dan timnya saat ini. 

Saat ini lagi viral di youtube Chintya Candranaya (CC) dan timnya versus Tim Bela Diri Bersatu (TBB). Ngeri juga melihat betapa banyak dislike di video CC jauh mengalahkan like-nya. Kebohongan tentang kesaktian mereka dalam video-video mereka selama beberapa tahun ini akhirnya mulai terbongkar satu persatu. Hal ini tentunya sangat mempermalukan dunia bela diri Indonesia khususnya silat karena sudah ikut dibahas di luar negeri. CC dan teamnya mencari rejeki dengan cara berbohong, dan korban yang percaya akan kesaktian mereka sudah sangat banyak. 

Dalam sebuah videonya yang berjudul "Jangan Mudah Terprovokasi, Indonesia Bersatu", CC berusaha membenarkan diri tanpa ada pembuktian untuk membantah semua tuduhan yang ditujukan terhadapnya. Judulnya bagus, tetapi isi videonya itu sebenarnya untuk mengajak masyarakat Indonesia bersatu mendukung dia dan supaya kita jangan terprovokasi oleh tuduhan-tuduhan terhadap dirinya, bukan benar-benar untuk mengajak masyarakat bersatu untuk kepentingan bangsa dan negara. Namun, masyarakat sudah pintar dan tidak mau lagi dibohongi. Itu terlihat jelas dari respon mereka terhadap video tersebut. Banyak komentar negatif terhadap CC yang bermunculan, dan yang unlike sungguh sangat fantastis jumlahnya jauh meninggalkan yang like, yaitu 60 ribuan yang tidak suka dan hanya 5 ribuan yang suka.

Pada awalnya saya mengetahui CC ini ketika saya menonton sebuah videonya di YouTube yang berisi dia push up menggunakan 1 tangan 1 jari karena saya punya hobi bela diri dan juga seorang praktisi bela diri. Akan tetapi, saya merasa itu aneh dan sulit dipercaya sehingga tidak saya like dan subscribe, meskipun saat itu sudah banyak subscriber dan like-nya dan juga banyak komentar yang memuji-muji dia. Kebohongan mereka akhirnya terbongkar ketika CC membuat masalah dengan atlit MMA. Dengan sombong CC merendahkan mereka. 

Singkat kata, TBB (para atlit MMA dan juga para praktisi bela diri yang lain, ada juga juara dunia pencak silat wanita) akhirnya mendatangi langsung markas CC untuk membuktikan secara langsung kesaktian mereka. Akan tetapi, CC dan master Agus (guru CC) tidak kelihatan batang hidungnya, malah yang muncul pengacara mereka. Padahal TBB datang secara baik-baik, bukan untuk membuat kekacauan. Mereka cuma mau pembuktian kesaktian secara langsung dari CC dan timnya. Hal-hal yang ingin dibuktikan TBB secara langsung, yaitu sparring, push up 1 tangan 1 jari, dan memukul duren sampai pecah. 

CC push up dengan 1 tangan 1 jari.

Bagi yang belum tahu, CC dan master Agus suka memamerkan kekuatan supernya lewat video di YouTube layaknya superhero dalam film. CC mampu push up dengan 1 tangan 1 jari, memukul duren hingga pecah bahkan batu yang jadi alasnya juga ikutan pecah, menendang pipa besi hingga bengkok, memukul beton hingga hancur, menendang pilar beton yang besar dan siku beton yang tajam hingga hancur, dll. 
Master Agus bisa hand stand 1 tangan 1 jari, golok silumannya secara ajaib mampu melewati pipa besi dan menebas wortel yang tergantung di pipa besi tersebut, dll. 
Konon, katanya master Agus pernah dikeroyok 200 orang, sedangkan CC pernah dikeroyok 40 orang. Akan tetapi, pelaku pengeroyokan sebanyak 5 orang meninggal di tempat dan ada yang meninggal setelah dibawa ke rumah sakit.

CC memecahkan duren sekaligus batu yang jadi alasnya hanya dalam sekali pukul.

Master Agus (guru CC) hand stand dengan 1 tangan 1 jari. 

Para editor video, pesulap, para atlit, dan praktisi bela diri telah mengkritisi CC dan teamnya dengan menunjukkan kejanggalan video dan cerita mereka. Mereka dituduh telah melakukan pembodohan publik. Pesulap Merah telah membuktikan bahwa dia bisa juga mematahkan besi dengan mudah, sehingga kemudian CC dengan lantang dan penuh keberanian menantang Pesulap Merah. Namun, ketika ditantang atlit MMA, CC dan timnya menghindar. Ya... CC dan timnya yang sakti cuma berani kepada pesulap, tetapi apakah mereka berani menghadapi pesulap kekar dan punya basic bela diri seperti Deddy Corbuzier yang juga ikut membongkar penipuan mereka? 

Deddy Corbuzier mengatakan bahwa pernah ada dalam salah satu acara televisi bareng dia di RCTI, yaitu Xtra Ordinary, pipa besi yang ditendang CC bengkok ketika dipukul Deddy. Kemudian Deddy mengganti pipa besi itu dengan pipa besi dari luar (bukan pipa besi yang dibawa oleh CC dan timnya). Hasilnya? Kaki CC bengkak, tetapi pipa besi itu tidak bengkok. Ini tidak dimasukkan ke YouTube soalnya kasihan kata Deddy. 
Ketika juga CC tampil di salah satu acara Trans7, yaitu Kepo-in, dia tidak push up 1 tangan 1 jari, tetapi dia push up 1 tangan 2 jari karena katanya lagi cedera. Tangannya terlihat gemetaran ketika melakukan push up 1 tangan 2 jari. Itu pun posisi kedua kakinya terbuka lebar agar beban tubuh semakin jauh berkurang. Tentunya hal ini bisa juga dilakukan oleh orang lain yang berlatih push up. Hal berbeda terjadi di saat dia melakukan push up 1 tangan 1 jari dalam videonya. Posisi kedua kakinya tidak terbuka lebar dan tangannya terlihat begitu kokoh dan tidak gemetar.

Yang paling berbahaya dari semua videonya adalah dampak buruk yang bisa dihasilkan, sebab semua videonya mengandung konten berbahaya yang tidak diberikan disclaimer atau peringatan, seperti 'adegan ini berbahaya', 'hanya dilakukan oleh profesional', 'jangan dilakukan di rumah'; atau dengan jujur mengatakan 'ini hanya film', 'ini hanya editan'. Namun, yang terjadi justru sebaliknya, mereka mengatakan bahwa 'kita pasti bisa'. 
Orang-orang yang tidak tahu apa-apa apalagi anak-anak bisa menjadi korban. Mereka bisa meniru adegan-adegan berbahaya itu dan membuat mereka cedera dan terluka bahkan meninggal. 
Masih ingat dengan dampak buruk Smack Down yang ditayangkan di TV? Banyak anak yang terpengaruh dan melakukannya, bahkan ada korban meninggal sehingga akhirnya Smack Down tidak lagi ditayangkan. Padahal itu merupakan salah satu acara favorit saya. Yang paling parah adalah CC dan timnya sering juga membawa-bawa nama Tuhan dalam kebohongan mereka.

Jangankan bersikap sportif, meminta maaf, dan mengaku salah, atau membuktikan secara langsung bahwa mereka benar-benar sakti, tetapi dalam video-videonya CC dan teamnya justru tanpa rasa malu terus berkelit dengan berbagai alasan. Jika CC dan timnya mau merendahkan hati, bersikap jujur, mengaku salah, dan berani meminta maaf, saya percaya banyak orang yang akan membuka pintu maaf bagi mereka. Atau setidaknya mereka bisa membuktikan secara langsung apa yang mereka lakukan dalam video-videonya, jika memang mereka merasa bahwa yang mereka lakukan itu benar-benar sesuai dengan kemampuan mereka, bukan editan atau suatu kebohongan.

Semoga kita bisa mengambil pelajaran berharga dari kejadian ini. Semoga kita tidak mengejar harta, kepopuleran, dan semua hal duniawi yang sifatnya cuma sementara dengan cara yang tidak benar. Marilah kita mengejar harta yang sesungguhnya yang tidak dapat hancur dimakan ngengat dan hilang diambil pencuri, yaitu harta surgawi.

YouTube: Jangan Mudah Terprovokasi, Indonesia Bersatu

YouTube: Master Agus Melawan 200 Orang


0 Comments:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar secara bijaksana dan bertanggung jawab. Terima kasih.

OTHER POSTS

TRANSLATE

TOTAL PAGEVIEWS

  • "THANKS FOR YOUR VISIT!"



    logger

LATEST PRAYER POSTS

 
Copyright © GLORIA DEI World
Design by FlexiThemes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com | Modified by Franky